Buku Eksplorasi Metode Geolistrik: Resistivitas, Polarisasi Terinduksi, dan Potensial Diri

0 comments

 

Buku Eksplorasi Metode Geolistrik: Resistivitas, Polarisasi Terinduksi, dan Potensial Diri

Detail

penulis : Suhendra Vebrianto
penerbit : UB PRESS
ISBN : 978-602-203-937-2
Ukuran : 16 X 24 Cm
Halaman : 140 Halaman
Tahun : 2016
Berat : 300 Gram
Harga : Rp. 70.000

Ulasan 

Buku ini menjelaskan tentang potensi yang ada di dalam kerak bumi. Kerak bumi menyimpan kekayaan alam berupa mineral logam mulia, batubara, dan lain-lain. Dalam eksplorasi kerak bumi, metode geolistrik menjadi pilihan untuk mendeteksi keberadaan kekayaan alam tersebut dalam suatu lokasi tertentu. Metode geolistrik adalah salah satu metode geofisika yang memanfaatkan sifat kelistrikan bumi. Dalam eksplorasi geofisika, kedalaman efektif metode geolistrik yaitu sekitar 100 meter.

Metode geolistrik memanfaatkan sifat kelistrikan suatu batuan dan mineral untuk mempelajari bawah permukaan bumi. Prinsip kerja dari metode geolistrik adalah dengan menginjeksikan arus listrik DC dari elektroda arus kemudian mengamati hasil pengukuran melalui elektroda potensial. Metode geolistrik adalah metode yang ramah lingkungan dan tergolong relatif murah karena tidak menggunakan bahan peledak. Metode geolistrik terbagi menjadi tigamacam, yaitu metode geolistrik resistivitas, metode geolistrik polarisasi terinduksi, dan metode geolistrik potensial diri.

Setiap metode geolistrik memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing serta memiliki parameter dan sifat-sifat fisika yang terlibat. Metode geolistrik resistivitas dan potensial diri menggunakan sifat konduktivitas listrik, sedangkan metode polarisasi terinduksi menggunakan kapasitansi listrik. Dalam pengambilan data lapangan, metode geolistrik menggunakan suatu konfigurasi yang diantaranya adalah konfigurasi Wenner, konfigurasi Wenner-Schlumberger, konfigurasi Dipole-Dipole, dsb. Setiap konfigurasi memiliki faktor koreksi geometri dengan berdasarkan susunan elektrodanya dan berfungsi agar nilai resistivitas semu yang terukur di lapangan lebih mendekati kebenaran. Dalam eksplorasi geofisika,aplikasi dari metode geolistrik adalah sebagai cara untuk mempelajari adanya potensi struktur air tanah, mineral logam, batubara, dan lain sebagainya.