Buku Fasilitas Terminal Bandar Udara

0 comments

 




Detail


penulis : Maha Putri Handayani AS., S.T., M.T
penerbit : Deepublish
ISBN : 978-623-02-3954-0
Ukuran : 15.5 X 23 Cm
Halaman : 17 Halaman
Tahun : 2022
Berat : 150 Gram
Harga : 
Rp. 75.000 (PESAN BARU CETAK)

Ulasan


Mengacu pada Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 39 Tahun 2019 tentang Tatanan Kebandarudaraan Nasional dan Peraturan Pemerintah No. 32 Tahun 2021 tentang Penerbangan, Bandar Udara adalah kawasan di daratan dan/atau perairan dengan batas-batas tertentu yang digunakan sebagai tempat pesawat udara mendarat dan lepas landas, naik turun penumpang, bongkar muat barang, dan tempat perpindahan intra- dan antarmoda transportasi yang dilengkapi dengan fasilitas keselamatan dan keamanan penerbangan, serta fasilitas pokok dan fasilitas penunjang lainnya.
Fungsi bandar udara yaitu untuk menunjang kelancaran, keamanan dan ketertiban arus lalu lintas pesawat udara, kargo dan/atau pos, keselamatan penerbangan, tempat perpindahan intra dan/atau moda serta mendorong perekonomian baik daerah maupun secara nasional. Bandar udara berdasarkan fungsinya dibedakan menjadi 3 bagian:
Bandar udara yang merupakan simpul dalam jaringan transportasi udara sesuai dengan hierarki fungsinya yaitu bandar udara pusat penyebaran dan bukan pusat penyebaran.
Bandar udara sebagai pintu gerbang kegiatan perekonomian nasional dan internasional.
Bandar udara sebagai tempat kegiatan alih moda transportasi.