Buku Perpipaan, Instrumen Dan Diagram Dalam Proyek Plant 3D P Dan ID In Plant 3D Project

0 comments

 



DETAIL


Penerbit :DEEPUBLISH
ISBN : 978-623-02-3697-6
Penulis : Ismail Permana Andi P.Ikbal
Tahun : 2021
Berat : 350 Gram
Ukuran : 15,5 X 23cm²
Halaman : 91 halaman
Harga : Rp 81.000 ( ODER DULU BARU CETAK )


ULASAN



Agar bisa memahami cara kerja industri hulu dalam hal ini untuk bisa membaca bahkan membuat Plant 3D kuncinya adalah dengan memahami diagram Perpipaan dan Instrumentasi (P&ID) dan dengan membiasakan diri dengan simbol ISA P&ID pada instrumen dan peralatan proses pengolahan dan kemudian mencoba membaca sebanyak diagram Perpipaan dan Instrumentasi (P&ID). Semakin sering Anda berlatih maka Anda akan takjub melihat seberapa baik Anda bisa membaca dan menafsirkan diagram Perpipaan dan Instrumentasi (P&ID).
Agar bisa mengartikan gambar P&ID, kuncinya terletak pada pengetahuan terhadap unit operasi, keterkaitan antarunit operasi, plant safety, serta perhatian detail pada catatan-catatan kaki di P&ID itu sendiri. Serta harus menguasai dan bisa membaca Process Flow Diagram atau PFD.
Perlu diperhatikan bahwa ketika Anda melihat P&ID, jangan takut! Kompleksitas P&ID adalah tidak penting dan yang penting adalah loop kontrol individu yang membentuk P&ID. Pahami P&ID, kita akan mengerti prosesnya!
Pada Bab 3 hingga Bab 7 akan disampaikan pemahaman proses dari alat, proses, kontrol & safety. Kuncinya ambil satu alat terlebih dahulu dari proses, kontrol & safety-nya kemudian pindah ke alat yang lain yang tentunya tidak perlu memahami semuanya. Tergantung bagian mana yang akan kita dalami