Perbaikan Tanah

0 comments

 

Perbaikan Tanah




DETAIL


Penerbit :UGM PRESS
ISBN : 978-602-386-876-6
Penulis : Hary Christady Hardiyatmo
Tahun : 2020
Berat : -
Ukuran : 15,5 cm x 23 cm
Halaman : 478 halaman
Harga : Rp 135.000
Diskon :Rp 121.500

ULASAN

Mempelajari masalah perbaikan tanah menjadi penting berhubung pada saat ini banyak bangunan infrastruktur dibangun di atas tanah yang sifat mekaniknya tidak memenuhi syarat untuk mendukung bangunan. Buku Perbaikan Tanah ini disusun dengan tujuan untuk membantu para praktisi, dosen, dan mahasiswa yang terlibat dalam permasalahan rekayasa geoteknik, khususnya dalam penyelesaian masalah perbaikan tanah. Metode perbaikan tanah yang dibahas dalam buku ini adalah sebagai berikut:
Bab I : tipe-tipe perbaikan tanah, termasuk cara pemilihan perbaikan tanah yang cocok untuk jenis tanah di lokasi proyek.
Bab II : pemadatan tanah di permukaan tanah maupun di kedalaman tertentu di bawah permukaantanah (deep compaction), faktor-faktor yang memengaruhi hasil pemadatan, prosedur pemadatan, kontrol kepadatan, dan lain-lain.
Bab III : pemadatan dinamik (dynamic compaction), cara kerja, menentukan berat pemukul, jarak pemadatan dan cara perancangannya.
Bab IV : perbaikan tanah dengan kolom batuan (stone columns), kecocokan jenis tanah, cara pembuatan, cara perancangan, dan metode analisisnya.
Bab V : kolom-kolom pendukung timbunan (columns supported embankment), pertimbangan dalam perancangan, metode perancangan, beserta cara perancangan landasan kerjanya.
Bab VI : pencampuran tanah dalam (Deep Soil Mixing, DSM), keuntungan-kerugian, metode pencampuran, tahap-tahap pelaksanaan dan sifat-sifat campurannya.
Bab VII : drainase vertikal pracetak (Prefabricated Vertical Drains, PVD), cara kerja, teori tentang drainase vertikal, cara perancangan PVD, dan cara menentukan tinggi timbunan total.
Bab VIII : pra-pembebanan vakum (vacuum preloading), teori konsolidasi vakum, perbedaan dengan drainase vertikal konvensional, dan cara perancangan dengan metode pra-pembebanan vakum.
Bab IX : perkuatan dinding galian dengan pemakuan tanah (soil nailing), kecocokan lokasi, cara perancangan dengan menggunakan grafik.
Bab X : angkur tanah (ground anchor), tipe-tipe angkur, penentuan panjang free length, bond length, cara perancangan, cara uji angkur, cara pengujian.
Bab XI : perkuatan timbunan dengan geosintetik, hitungan stabilitas timbunan, hitungan tulangan geosintetik, cara pemasangan geosintetik.
Bab XII : Sistem CakarAyam Modifikasi dalam aplikasinya untuk perkerasan jalan.
Dalam pembahasan disajikan contoh-contoh problem-problem di lapangan dengan penyelesaian soal lengkap dari cara hitungan sampai pembahasan dalam aplikasinya.