Analisis dan Perancangan Fondasi I Edisi Keempat

0 comments

 

Analisis dan Perancangan Fondasi I Edisi Keempat



Detail

Penerbit :UGM PRESS
ISBN :978-602-386-853-7
Penulis : Hary Christady Hardiyatmo
Tahun : 2020
Berat : -
Ukuran : 14,8 cm x 21 cm
Halaman : 612 halaman
Harga : Rp 124.000
Diskon :Rp 112.000

ULASAN


Buku Analisis dan Perancangan Fondasi-I edisi ke-4 ini merupakan penyempurnaan dari buku edisi ke-3 yang telah terbit sebelumnya. Materi yang yang disajikan meliputi:
Bab I : membahas tentang sifat-sifat teknis tanah dan batuan, termasuk sifat-sifat indeks, tegangan efektif, kuat geser tanah, dan lain-lain.
Bab II : membahas tentang penyelidikan tanah, termasuk alat-alat yang digunakan, cara pengambilan sampel tanah, uji SPT, uji sondir, uji beban pelat, uji geser kipas dan cara interpretasi datanya.
Bab III : membahas tentang cara menentukan kapasitas dukung fondasi dangkal dengan menggunakan metode-metode Terzaghi, Meyerhof, Vesic, Hansen dan lain-lain.
Bab IV : membahas tentang masalah penurunan fondasi, termasuk penurunan segera, penurunan konsolidasi primer dan sekunder dan pertimbangan-pertimbangan yang harus dilakukan.
Bab V : membahas tentang pertimbangan-pertimbangan dalam perancangan fondasi dangkal.
Bab VI : membahas tentang perancangan fondasi telapak individu termasuk langkah perancangan, hitungan kapasitas dukung ijin, pemilihan dimensi dan kedalaman, hubungan kolom dan fondasi dan lain-lain.
Bab VII : membahas tentang perancangan fondasi telapak gabungan dan fondasi kantilever.
Bab VIII : membahas tentang fondasi rakit, cara perancangan termasuk cara menghitung kapasitas dukung ijin, penurunan dan pertimbangan dalam pelaksaaan.
Bab IX : membahas tentang dinding penahan tanah, teori tekanan tanah lateral, teori Rankine dan teori Coulomb, cara penggambaran diagram tekanan tanah lateral, cara perancangan dan penulangannya.
Bab X : membahas tentang tanah bertulang, terutama yang terkait dengan perancangan dinding penahan tanah dengan menggunakan geosintetik.

Kecuali banyak membahas teori-teori yang terkait dengan masalah fondasi, dalam buku ini juga disajikan banyak contoh-contoh soal yang disertai dengan penjelasan-penjelasan untuk keperluan aplikasi. Buku ini juga cocok digunakan untuk acuan bagi para mahasiswa, dosen muda, dalam menyusun laporan penelitian, tesis atau tugas akhir. Bagi para praktisi buku ini sangat berguna sebagai buku acuan dalam perancangan masalah fondas