Perancangan dan Analisis Struktur Beton Bertulang 1

0 comments
DETAIL

Penerbit : UGM PRESS
ISBN : 978-602-386-855-1
Penulis : Henricus Priyosulistyo
Tahun : 2020
Berat : -
Ukuran : 15,5 cm x 23 cm
Halaman : 270 halaman
Harga : Rp86.000
Diskon :Rp 77.500


ULASAN

Beton memiliki kemampuan yang relatif tinggi dalam menahan gaya desak/tekan, namun lemah terhadap gaya tarik. Sebaliknya, tulangan baja memiliki kemampuan yang tinggi dalam menahan gaya tarik dibandingkan dengan beton. Tulangan baja juga dapat menahan gaya desak/tekan yang tinggi, namun umumnya memiliki kelangsingan tinggi sehingga baja terkendali oleh tekuk (buckling). Sebagai solusi untuk mengatasi kelemahan dari sifat masing-masing material, maka disusun sebuah material komposit baja dan beton yang disebut beton bertulang.

Beton bertulang tersusun dari material agregat kasar (krikil/sp/it), halus (pasir), semen, dan baja. Kekuatan nominal elemen beton bertulang dapat tercapai sesuai rencana apabila perancangan dilakukan dengan tepat serta mutu setiap material penyusunnya terkontrol dengan baik dan dilaksanakan sesuai dengan perencanaannya. Perancangan struktur beton bertulang tersebut perlu mengikuti panduan yang berlaku, salah satunya yaitu buku Perancangan dan Analisis Struktur Beton Bertulang I.

Buku Perancangan dan Analisis Struktur Beton Bertulang I ini disusun berdasarkan pada Tata Cara Perhitungan Struktur Beton untuk Bangunan Gedung (SNI 2847:2013) dan dalam hal tertentu mengacu pula pada ACI 318M-11. Buku Perancangan dan Analisis Struktur Beton Bertulang ini dibuat dalam rangka meningkatkan pemahaman analitik atas perancangan dan analisis balok, kolom, dan plat lantai yang dibuat dari beton bertulang menggunakan prinsip kuat batas (ultimate strength design and analysis), dengan berbagai gaya-dalam seperti momen lentur, gaya aksial, geser lentur, dan geser puntir. Materi setiap bab yang disampaikan dalam buku ini terdiri dari pengenalan komponen struktur, filosofi kerja komponen struktur, perancangan dan analisis komponen struktur, serta diikuti contoh soal dan penyelesaiannya untuk meningkatkan pemahaman.