Ekonomi Rekayasa, Disertai cara penyelesaian dengan Spreadsheet (BP)

0 comments
Ekonomi Rekayasa, Disertai cara penyelesaian dengan Spreadsheet (BP)
DETAIL

Penerbit :andipublisher
ISBN :  978-979-29-3571-4
Penulis :Ir. Donny M. Mangintung, M.Sc., Ph.D.
Tahun : 2014
Berat : 400 gram
Ukuran :17.6x25 cm²
Halaman : 236 halaman
Harga : Rp108.000
DISKON :Rp 97.200

ULASAN

Ekonomi Rekayasa yang berasal dari kata Engineering Economy, atau istilah lainnya yakni ekonomi teknik, merupakan pelajaran wajib dalam kurikulum baku program S1 Teknik Sipil dan juga dalam berbagai kurikulum disiplin ilmu keteknikan. Namun demikian, buku ini dapat juga digunakan sebagai referensi untuk mata kuliah Pemindahan Tanah Mekanis atau Penggunaan Alat Berat Konstruksi, Manajemen dan Investasi Properti. Lebih jelas, buku ini dapat digunakan untuk menganalisis kelayakan suatu investasi dari aspek finansial.
Buku teks ini disusun agar dapat digunakan sebagai buku referensi atau rujukan bagi mahasiswa atau tenaga teknik yang tertarik mempelajari prinsip dasar ekonomi rekayasa yang isinya disajikan tidak saja teori namun juga berbagai ragam contoh perhitungan dan analisis sederhana sampai kompleks yang dilengkapi perhitungan dengan menggunakan perintah spreadsheet. Sehingga mereka dapat mengambil pelajaran dalam sistem pengambilan keputusan yang terstruktur dan sistematis, terutama dari aspek ekonomi teknik yang berhubungan dengan analisis kelayakan investasi dan pembiayaan proyek keteknikan, khususnya bidang teknik sipil dari aspek finansial yang mencakup dua komponen utama biaya (cost) dan manfaat (benefit).
Materi yang dibahas dalam buku ini antara lain:
• Hubungan nilai uang dengan waktu.
• Analisis kelayakan suatu investasi proyek tunggal dengan menggunakan teknik analisis Net Present Value, Anuitas, Internal Rate of Return dan Discounted Payback Period.
• Analisis perbandingan kelayakan investasi dua proyek atau lebih.
• Analisis penyusutan (depreciation).
• Analisis titik impas (Break Event Point)
• Analisis sensitivitas.
• Analisis penghentian (retirement) dan penggantian (replacement).