Buku Ajar Teknologi Penanganan Hasil Perikanan

0 comments
Buku Ajar Teknologi Penanganan Hasil Perikanan
DETAIL

Penerbit :deepublish
ISBN :978-602-280-408-6
Penulis :Asri Silvana Naiu, S.Pi., M.Si.
Tahun : 2014
Berat : 200 gram
Ukuran :15.5×23 cm
Halaman : 104 halaman
Harga : Rp76.000 (CETAK SETELAH ORDER)


ULASAN

Mempertahankan kesegaran ikan merupakan faktor utama yang harus mendapatkan perhatian pada hasil-hasil perikanan sebelum dikonsumsi. Hal ini lebih disebabkan karena ikan merupakan salah satu sumber bahan pangan yang banyak mengandung protein yang sangat dibutuhkan oleh manusia karena selain lebih mudah dicerna juga mengandung asam amino dengan pola yang hampir sama dengan pola asam amino yang terdapat di dalam tubuh manusia. Sebagian besar ikan termasuk ke dalam kelompok komoditi yang memiliki kandungan lemak rendah dan protein tinggi. Komposisi kimia ikan yaitu mengandung kadar air 78-83%, protein 15-20%, lemak 1-4%, dan mineral lainnya sebanyak 1-1,3% (Okada, 1990).
*Kebutuhan manusia akan protein hewani sangat bervariasi, tergantung pada umur, jenis kelamin, dan aktivitas yang dilakukan.
*Bagi tubuh manusia, daging ikan mempunyai beberapa fungsi, diantaranya, yaitu:
*Menjadi sumber energi yang sangat dibutuhkan dalam menunjang aktivitas kehidupan sehari-hari
Membantu pertumbuhan dan pemeliharaan tubuh
Mempertinggi daya tahan tubuh terhadap serangan penyakit dan juga memperlancar proses-proses fisiologis di dalam tubuh.
Melalui buku ajar ini diharapkan dapat mempermudah mahasiswa Teknologi Hasil Perikanan dalam mempelajari materi penanganan hasil perikanan serta untuk menambah wawasan mahasiswa dalam pengetahuannya mengenai teknologi penanganan terhadap hasil-hasil perikanan sejak penangkapan di atas kapal atau panen dari tambak hingga penanganan pada saat mengkonsumsinya. Disamping itu mahasiswa juga dapat memahami pentingnya proses penanganan pada hasil-hasil perikanan karena dalam buku ajar ini diinformasikan juga teori kemunduran atau kerusakan mutu ikan segera setelah mati.
Buku Ajar Teknologi Penanganan Hasil Perikanan ini diterbitkan oleh Penerbit Buku Pendidikan Deepublish.
Dapatkan buku-buku berkualitas hanya di Toko Buku Online Deepublish. Kami berfokus menjual buku-buku kuliah untuk Mahasiswa di seluruh Indonesia, dengan pilihan terlengkap kamu pasti mendapatkan buku yang Anda cari.