Rekayasa Ventilasi Alami untuk Penyejukan Bangunan

0 comments
Rekayasa Ventilasi Alami untuk Penyejukan Bangunan
DETAIL

Penerbit : UB PRESS
ISBN :978-602-432-932-7
Penulis : Agung Murti Nugroho
Tahun : 2019
Berat : 300 gram
Ukuran : 14 x 21 x 3 cm
Halaman : 142 halaman
Harga : Rp75.000


ULASAN

Rekayasa ventilasi alami merupakan salah satu upaya tercapainya kenyamanan dalam bangunan tanpa konsumsi energi yang berlebih. Fokus pembahasan buku ini lebih spesifik pada ragam prinsip, parameter, metode dan inovasi ventilasi alami sebagai strategi penyejukan bangunan.  Solusi terhadap krisis energi melalui upaya pendinginan alami bangunan. Pendinginan alami bangunan adalah strategi untuk menurunkan suhu dalam bangunan lebih rendah daripada suhu di luar bangunan. Upaya maksimal penurunan suhu udara tersebut apabila masih belum mencapai kenyamanan suhu maka dilakukan dengan memperluas zona kenyamanan ventilasi.
Kenyamanan ventilasi sangat terkait dengan kecepatan, kemerataan dan pola aliran udara dalam bangunan. Penerapan ventilasi alami telah lama dilakukan pada tradisi sistem bangunan di masa lalu yang sering disebut sebagai kecerdasan bangunan tropis. Ragam ide kecerdasan bangunan tersebut merupakan tingkat kecerdasan dasar bangunan yang menjadi landasan pengembangan kecerdasan Arsitektur Nusantara masa kini dan masa datang.
Adaptasi bangunan tropis lembab membahas tentang karakter iklim tropis lembab; komponen bangunan Nusantara; adaptasi komponen bangunan sebagai wujud kecerdasan dasar serta upaya pencapaian optimalisasi kenyamanan dalam bangunan. Komponen yang terkait dengan pendinginan dan penyejukan alami dalam bangunan adalah suhu udara, kelembaban udara dan kecepatan aliran udara yang menyangkut aspek kenyamanan suhu dan ventilasi. Peran ventilasi bangunan untuk membentuk kenyamanan suhu didasarkan prinsip dasar ventilasi silang dan ventilasi apung. Dua prinsip ini merupakan mekanisme terciptanya aliran udara yaitu melalui perbedaan tekanan udara dan perbedaan suhu udara.
Pengembangan teknik ventilasi alami menjelaskan tentang teknik pendinginan alami serta model ventilasi yang dapat dilakukan. Model ventilasi yang dibahas mencakup ventilasi atap dan ventilasi dinding. Model tersebut sebagai awal langkah inovasi ventilasi berkecerdasan dasar. Peralatan untuk berinovasi yang mudah dan murah adalah penggunaan teknologi komputer atau biasa disebut simulasi komputer. Beberapa contoh inovasi dijelaskan secara runtut terutama pada aspek modifikasi elemen arsitektural. Inovasi yang dibahas antara lain: inovasi ventilasi atap; bukaan jendela, jendela adaptif suhu dan fasade adaptif suhu.
Aspek aplikasi desain ventilasi alami untuk masa kini atau kontemporer dibahas melalui ragam contoh tata bangunan, bangunan, bukaan bangunan dan hubungan dengan manusia. Inovasi dan aplikasi desain ventilasi alami merupakan salah satu upaya mewujudkan bangunan cerdas Nusantara.