Buku Sistem Komunikasi Marabahaya Dan Keselamatan Maritim Global: Global Maritime Distress And Safety System

0 comments
Buku Sistem Komunikasi Marabahaya Dan Keselamatan Maritim Global: Global Maritime Distress And Safety System
DETAIL

Penerbit : Deepublish
ISBN :978-602-280-463-5
Penulis :Capt. Hadi Supriyono, Sp.I, M.M., M.Mar.
Tahun : -
Berat : 220 gram
Ukuran :14×20 cm
Halaman :179 halaman
Harga : Rp82.000 (Cetak setelah Order)


ULASAN

Buku Sistem Komunikasi Marabahaya dan Keselamatan Maritim Global: Global Maritime Distress and Safety System |
Usaha-usaha yang dilakukan dalam meningkatkan sistem global tentang komunikasi marabahaya (distress communications) dan keselamatan pelayaran telah dilakukan sejak belasan tahun silam pada sidang-sidang International Maritime Organization (IMO).
Alasan mengapa harus dilakukan pembaharuan dalam komunikasi pelayaran antara lain:
Sistem yang ada pada saat itu tidak cukup memadai sehingga banyak korban jiwa manusia akibat kecelakaan di laut, yang seharusnya dapat dihindari apabila sistem komunikasi antara kapal-kapal yang mengalami musibah baik dengan tim penyelamat di darat/pantai maupun dengan kapal-kapal di sekitarnya menggunakan sistem yang memadai.
Tehnologi komunikasi yang ada telah banyak digunakan secara luas di dalam dunia bisnis, sedangkan untuk keperluan komunikasi marabahaya dan keselamatan pelayaran masih memakai cara-cara konvensional dan lamban.
Maksud penyusunan buku ini adalah untuk memberikan penjelasan secara teoritis tentang GMDSS, terutama kelebihan-kelebihan yang terdapat pada sistem ini, pada ‘layanan stasion bergerak maritim’ (Maritime Mobile Services) dan ‘layanan stasion bergerak Satelit untuk Maritim (Maritime Mobile Satellite Services).
Buku ini adalah merupakan revisi (perbaikan) dari buku ‘Pengenalan GMDSS’ yang penyusun tulis pada tahun 2004.
Penyusun merasa perlu merevisi buku ini mengingat sejak diberlakukannya GMDSS, telah dilakukan perobahan-perobahan untuk memperbaiki layanan komunikasi maritim, khususnya komunikasi marabahaya dan keselamatan pelayaran. Setiap tahun baik melalui sidang-sidang Sub Komite COMSAR (Radio Communication and Search and Rescue) dan sidang-sidang MSC (Maritime Safety Committee) selalu membahas perobahan-perobahan yang perlu dilakukan berdasarkan pengalaman implementasi sistem yang telah ada. Perobahan tesebut Antara lain tentang layanan satelit, penambahan stasion NAVTEX dan NAVTEX Area, dan lainnya. Diharapkan revisi ini mampu menjaga agar buku ini dapat digunakan untuk persiapan ujian Operator Radio Umum (GOC-GMDSS) sesuai dengan standard Eropah (CEPT)