Buku Mekanika Rekayasa Ilmu Dasar Teknik Sipil

0 comments
Buku Mekanika Rekayasa Ilmu Dasar Teknik Sipil
DETAIL

Penerbit : deepublish
ISBN : 978-623-02-0330-5
Penulis : Moh Nur Sholeh, S.T., M.T.
Tahun : 2019
Berat : 500gram
Ukuran : 15.5×23 cm
Halaman : 90 halaman
Harga : Rp 83.000 (Cetak setelah di order)

ULASAN

Teknik sipil merupakan salah satu ilmu teknik yang belajar tentang cara merancang, membangun, merenovasi, dan memelihara bangunan. Ruang lingkup teknik sipil sangat luas yang melingkupi pengetahuan tentang ilmu matematika, fisika, geologi, lingkungan sampai dengan ilmu komputer. Kemampuan dalam big data dan internet of things juga diharapkan dikuasai oleh engineer teknik sipil pada era sekarang.

Ilmu teknik sipil dan arsitektur saling terintegrasi mulai dari perencanaan, desain, pelaksanaan, operasi dan pemeliharaan. Meskipun dalam dunia nyata kedua disiplin ilmu ini lebih banyak beririsan di tahap perencanaan dan desain. Perencanaan dan desain biasanya meliputi perhitungan struktur dan desain gambar. Pelaksanaan mencakup metode pelaksanaan dan pengawasan terhadap bangunan yang dikerjakan. Sedangkan operasi dan pemeliharaan adalah cara untuk mengoperasikan bangunan dan menjaga fungsi bangunan sesuai umur rencana.

Isi bahan ajar ini dibagi ke dalam 4 bab. Bab I mengenai pengantar mekanika rekayasa yang menjadi pendahuluan dan gambaran mahasiswa mengapa belajar mekanika rekayasa. Bab II mengenai gaya dan pembebanan yang terdiri dari gaya, reaksi tumpuan, dan penerapannya dalam perhitungan balok sederhana. Bab III mengenai bangunan portal yang mencakup portal simetris dan portal tidak simetris. Bab IV mengenai tegangan dan besaran penampang yang berisi penampang mulai dari luas, titik berat, sampai dengan momen inersia serta tegangan akibat gaya normal, momen lentur, dan gaya geser. Bahan ajar ini dapat digunakan sebagai salah satu literatur di bidang pengajaran dan penelitian dalam bidang teknik sipil pada semua konsentrasi.