Buku Sistem Lift Standar Dan Detail Untuk Mahasiswa Arsitektur

0 comments
 Buku Sistem Lift Standar Dan Detail Untuk Mahasiswa Arsitektur

DETAIL

Penerbit : deepublish
ISBN :978-602-280-901-2
Penulis :Andi Harapan dan Sugeng Triyadi
Tahun : -
Berat : 200gram
Ukuran :-
Halaman : 101 hlm
Harga : Rp85.000 (Cetak setelah Order)


ULASAN

Jarang sekali buku terkait dengan elevator yang dibuat untuk mahasiswa arsitektur, sehingga pengetahuan mahasiswa terkait dengan sistem ini sangat terbatas. Kalaupun ada, buku tersebut dibahas dari segi engineering, sehingga sangat membosankan untuk mahasiswa arsitektur, karena penuh dengan rumus dan angka-angka. Buku ini dibuat dengan pendekatan yang berbeda, yang difokuskan untuk kebutuhan mahasiswa arsitektur, sehingga pemahaman akan standar, kriteria, dan detail (gambar kerja) sistem elevator ini mudah dimengerti oleh mahasiswa. Elevator atau lift merupakan alat transportasi vertikal yang sangat dibutuhkan terutama pada bangunan gedung bertingkat tinggi, untuk membawa orang atau barang dari atas ke bawah atau sebaliknya. Pemakaian lift sangat membantu bagi mobilitas, baik orang maupun barang, serta untuk membawa pasukan pemadam kebakaran pada beberapa jenis lift.

Walaupun berkaitan dengan ilmu fisika, elevatoring bukanlah ilmu yang pasti. Elevator berkaitan erat dengan faktor arsitektur (desain), psikologis, sosiologis, dan budaya, yang mengandung unsur–unsur subjektif, relatif, asumsi, kekacauan (random), dan statistik. Oleh sebab itu, perencanaan sistem lift adalah perkiaraan yang harus diterjemahkan sebelum digunakan untuk mengambil keputusan. Perencanaan sistem lift juga haruslah direncanakan secara baik agar tingkat keamanan dan kenyamanan pengguna lift terjaga, sehingga pengetahuan akan lift sangat bermanfaat, khususnya untuk mahasiswa arsitektur.

Buku ini terdiri dari tujuh bab yang mana setiap babnya berisi banyak materi yang disajikan dalam beberapa subbab. Bab pertama adalah pendahuluan yang diawali dengan penjelasan lift dan jenisnya, sistem penggerak elevator, metode pengoperasian lift, dan bagian-bagian lift. Bab kedua yaitu tentang ragam dan jenis lift mulai dari persyaratan dasar dalam pemilihan lift, kapasitas, kecepatan, susunan dan jumlah optimal lift. Bab tiga tentang sistem pelayanan lift yang terdiri dari kondisi lift, keadaan darurat, dan kinerja lift. Bab empat berisikan materi perancangan lift yang berisikan tentang kriteria perancangan lift, waktu perjalanan, tempo, beban puncak, jumlah lift, dan pelayanan lantai bawah tanah. Bab lima terdiri dari materi sistem konstruksi lift yang mencakup tata letak, ruang luncur, dan pintu lift. Bab keenam berisikan lift dengan pelayanan khusus seperti lift barang, lift servis, lift pasien dan lain-lain, dan bab terakhir yaitu tentang detil dan gambar kerja lift.