Buku Talking Safety & Health Bunga Rampai Artikel Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3)

0 comments
Buku Talking Safety & Health Bunga Rampai Artikel Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3)
DETAIL

Penerbit : deepublish
ISBN : 978-623-209-172-6
Penulis : Syamsul Arifin
Tahun : 2019
Berat : 0.6 kg
Ukuran : 17.5×25 cm
Halaman :    214 hlm
Harga :    Rp119.000 (cetak setelah di order)

ULASAN

Profesional K3 (Keselamatan Kesehatan Kerja) sering dipandang sebelah mata, bahkan tidak jarang jabatan K3 dipandang sebagai posisi buangan bagi pekerja tua tidak produktif yang kariernya sudah mandeg di perusahaan. Apakah benar begitu?
Pandangan tersebut jelas keliru. Profesional K3, terlepas dari apapun sebutan dan tingkatnya (petugas, pengawas, koordinator, atau manajer K3) memiliki tugas, pokok, dan fungsi (Tupoksi) yang tidak mudah. Untuk dapat menjalankan tugasnya dengan benar, seorang profesional K3 memerlukan pendidikan, pelatihan, dan pengalaman yang disokong dari beragam rumpun ilmu, di antaranya fisika, kimia, biologi, fisiologi, statistika, matematika, komputer, teknik mekanika, proses industri, bisnis, komunikasi, dan psikologi.
Beragam studi harus mampu dilakukan oleh profesional K3, diantaranya toksikologi dan higiene industri, desain teknis pengendalian bahaya, perlindungan kebakaran, ergonomi, keselamatan proses produksi, manajemen K3, analisis dan investigasi kecelakaan, keselamatan konstruksi, metode pendidikan dan pelatihan, pengukuran kinerja K3, perilaku manusia, perlindungan lingkungan, regulasi hukum K3, dan standar teknis industri.
Maka dari itu, tidak heran jika profesional K3 bisa berasal dari disiplin pendidikan yang bervariasi, semisal teknik, administrasi bisnis dan manajemen, ilmu pendidikan, ilmu sosial, ilmu pengetahuan alam, dan lain-lain.
Tidak jarang pula, sebagai bagian dari pekerjaannya, praktisi K3 harus bisa melakukan perencanaan dan pengelolaan keuangan dan sumber daya, bertanggungjawab untuk mengawasi staf ahli yang beragam kompetensi dan lokasi