Buku Mengenal Proyek Engineering, Procurement & Construction

0 comments
Buku Mengenal Proyek Engineering, Procurement & Construction
DETAIL

Penerbit : deepublish
ISBN :  978-602-453-589-6
Penulis : Lukita Priyambodo
Tahun : 2018
Berat : 0.6 kg
Ukuran : 14×20 cm
Halaman :   265 hlm
Harga :   Rp 95.000 (cetak setelah di order)

ULASAN

Buku ini terdiri dari beberapa bab, bab pertama membahas tentang proyek industri berat, bab kedua tentang engineering, bab ketiga tentang procurement/pengadaan, bab keempat tentang construction/konstruksi dan bab terakhir tentang commissioning.
Seiring dengan berkembangnya peradaban, manusia membutuhkan sumber energi dan berbagai produk untuk kehidupannya. Contoh dari kebutuhan manusia untuk berkembangnya peradaban adalah tenaga listrik, minyak dan gas bumi, semen, plastik, pupuk dan sebagainya. Produk-produk tersebut tidak muncul begitu saja melainkan hasil dari suatu kegiatan ekonomi. Dimana bahan baku diolah menjadi suatu produk. Kegiatan ekonomi yang mengolah bahan mentah atau bahan baku untuk dapat menghasilkan produk jadi atau setengah jadi dalam jumlah yang banyak dikenal dengan sebutan industri.
Dari berbagai jenis industri yang memproduksi produk-produk yang digunakan untuk peradaban manusia, terdapat industri yang menggunakan tenaga mesin berukuran besar untuk proses produksinya. Industri ini dikenal dengan sebutan industri berat.
Industri Semen adalah penopang utama pembangunan. Sedemikian pentingnya industri semen sehingga salah satu indikator bergeraknya pembangunan infrastruktur dan perumahan adalah tingkat konsumsi semen. Pabrik semen saat ini ada tersebar di berbagai lokasi di nusantara. Pabrik semen di Indonesia diantaranya :
Semen Indonesia yang terdiri dari Semen Gresik dengan lokasi pabrik di Tuban, Semen Padang dengan lokasi pabrik di Padang dan Semen Tonasa dengan lokasi pabrik di Pangkep
Indocement Tunggal Perkasa, dengan lokasi pabrik di Cirebon dan Citeurep
Holcim Indonesia, dengan pabrik di Narogong dan Cilacap
Semen Bosowa Maros dengan lokasi pabrik di Maros