Untung Selangit Dari Agribisnis Kakao

0 comments
Untung Selangit Dari Agribisnis Kakao
DETAIL

Penerbit : Andipublisher
ISBN :  978-979-29-5146-2
Penulis :  H. Rahmat Rukmana Dan H. Herdi Yudirachman
Tahun : 2016
Berat :  271 gram
Ukuran : 16x23 cm²
Halaman : 202 halaman
Harga : Rp 91.000,
Diskon : Rp 82.000

ULASAN

Kakao merupakan komoditas andalan perkebunan yang berperan penting bagi perekonomian nasional, khususnya sebagai penyedia lapangan kerja, sumber pendapatan, sumber devisa Negara, peningkatan kesejahteraan petani, mendorong pengembangan wilayah dan sebagai agro industry.
Indonesia merupakan Negara ketiga pemasok produk kakao terbesar dunia setelah Pantai Gading dan Ghana. Sayangnya nilai eskpor kakao masoh didominasi biji kakao mentah. Oleh sebab itu nilai tambah komoditas perlu ditingkatkan melalui penerapan inovasi teknologi tepat guna, penanganan pasca panen dan pnegelolaan hasil.
Hari kakao Indonesia yang bertajuk “Coklatku, Budayaku, Indonesiaku” dan “Gerakan Nasional Peningkatan Produksi dan Mutu Kakao (Gernas Kakao)” mempunyai makna strategis dalam masa depan agribisnis kakao Indonesia.
Pengembangan sumber daya genetic klon Kakao unggul, teknik budi daya intensif, penanganan pascapanen, pengelolaan hasil, serta pemasaran yang serasi dan terpadu menjadi folus perhatian pembahasan dalam buku ini. Kerberhasilan agribisnis Kakao tidak terlepas dari empat prinsip bisnis, yaitu berorientasi pasar, menguntungkan, efesien dan berteknologi maju.