PROSPEK PENGEMBANGAN PADI GOGO; PERSPEKTIF KEBIJAKAN DAN IMPLEMENTASI DI LAPANGAN

0 comments
PROSPEK PENGEMBANGAN PADI GOGO; PERSPEKTIF KEBIJAKAN DAN IMPLEMENTASI DI LAPANGAN
DETAIL

Penerbit : Plantaxia
ISBN : 978-602-5876-55-4
Penulis : Ir. Afrizal Malik, M.P.
Tahun : 2019
Berat : -
Ukuran : 17×24 cm
Halaman : 96 halaman
Harga : Rp102.800
Diskon : Rp92.520

ULASAN


Upaya pengembangan padi gogo lebih banyak diarahkan kepada lahan kering. Pengembangannya tidak sebatas peningkatan produksi persatuan luas, akan tetapi peningkatan dalam kawasan seperti diantara tanaman tahunan. keberhasilan pengembangan padi gogo diharapkan memberikan kontribusi positif terhadap produksi beras secara nasional.
Peningkatan produktivitas padi gogo, dukungan varietas unggul baru yang memiliki karakteristik tahan cekaman lingkungan, tahan serangan hama penyakit dan memiliki produktivitas yang relatif tinggi dan adaptif di berbagai kondisi lahan sudah dihasilkan Balai Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) dan Perguruan Tinggi.
Strategi dalam meningkatkan usahatani padi gogo, dilakukan melalui empat tahapan: Akselerasi peningkatan produksi, penguatan kelembagaan, mengembangkan kemitraan, dan penguatan dukungan inovasi serta teknologi.
Dari beberapa hasil penelitan/pengkajian yang dilakukan usahatani padi gogo layak untuk dikembangkan karena secara finansial menguntungkan apabila teknologi peningkatan produktivitas dilaksanakan dengan baik.
Pengembangan padi gogo kedepan diperlukan langkah strategis, efektif dan fokus, meliputi: penguatan kelembagaan, sentuhan pembiayaan, pengembangan kemitraan, pasar, dan peningkatan kapabilitas SDM Pertanian.