Manajemen Konstruksi dengan Aplikasi Microsoft Project

0 comments
Manajemen Konstruksi dengan Aplikasi Microsoft Project
DETAIL

Penerbit : Andipublisher
ISBN : 978-979-29-6616-9
Penulis : Syafriandi, ST dan Dr. Ir. Putri Lynna A. Luthan, M.Sc., IPM
Tahun : 2019
Berat : 333 gram
Ukuran : 16x23 cm²
Halaman : 256 halaman
Harga : Rp85.000


ULASAN

Buku ini hadir untuk melengkapi buku penguasaan aplikasi Microsoft project terhadap penerapannya di proyek konstruksi. Dari pemantauan dilapangan penguasan dan penerapan Microsoft project terbagi dari tiga level :
1. Aplikator Level pertama,hanya menguasai cara memindahkan jadwal manual yang dibuat orang lain ke dalam Microsoft project, dengan kata lain penguasaan tools microsoft project yang dominan dan hasilnya hanya sebagai operator komputer saja.
2. Aplikator Level ke dua, pada level ini sudah lebih baik, karena sudah bisa membuat jadwal sendiri dengan pemahaman metode kerja, keterkaitan antara kegiatan dan penempatan sumberdaya yang tepat. Namun sayangnya aplikator pada level ini belum bisa mengupdate kondisi-kondisi aktual lapangan sehingga Microsoft project belumlah memberi manfaat sebagai tools manajemen di dalam proyek konstruksi.
3. Aplikator Level ketiga, ini sudah dapat dinyatakan sebagai perencana jadwal (planner) selain dapat membuat jadwal dengan ketergantungan pekerjaan yang baik, aplikator juga bisa menerapkan jadwal yang di buat untuk pelaksanaan proyek yang dikerjakan dan mengontrol penyimpangan yang terjadi, selanjutnya aplikator dapat memanfaatkan hasil update Microsoft project sebagai alat (tools) manajemen proyek. .
Secara rinci buku ini menjelaskan hal-hal yang perlu didalam penjadwalan proyek baik dari segi keterkaitan pekerjaan, waktu, tenaga, biaya dan pemanfaatan jadwal, sehingga pembaca nantinya dapat mencapai level tiga secara pemahaman, tentunya dengan cara melakukan tahap-tahapan latihan pada buku ini. Namun untuk menjadi mahir pembaca juga perlu menambah jam terbang dengan melakukan latihan-latihan lainnya terutama pada kasusyang terdapat pada proyek yang sedang berlangsung.