EKONOMI KACANG TANAH; TINJAUAN KEUNGGULAN KOMPARATIF DAN PERSPEKTIF PENGEMBANGAN

0 comments
EKONOMI KACANG TANAH; TINJAUAN KEUNGGULAN KOMPARATIF DAN PERSPEKTIF PENGEMBANGAN
DETAIL

Penerbit : Plantaxia
ISBN : 978-602-5876-57-8
Penulis : Ir. Afrizal Malik, M.P.
Tahun : 2017
Berat :
Ukuran :17x24
Halaman : 101  halaman
Harga : Rp124.800
Diskon : Rp112.500

ULASAN

Kacang tanah merupakan kelompok komoditas tanaman pangan terpenting setelah padi, jagung dan kedelai. Namun kacang tanah belum dijadikan komoditas prioritas dalam kebijakan pemerintah. Keberadaannya tidak dapat diabaikan karena banyak diperlukan sebagai bahan industri makanan, disebabkan adanya kandungan protein dan lemak nabati yang baik bagi kesehatan. Keberadaan kacang tanah di beberapa daerah dapat bersaing secara kompetitif dengan tanaman pangan lainnya.
Keuntungan privat dan sosial usahatani kacang tanah diatas normal atau memiliki kelayakan untuk diusahakan dan dikembangkan tanpa ada kebijakan dari pemerintah. Secara privat dan sosial kacang tanah memiliki keunggulan komparatif (DRCR <0), artinya usahatani kacang tanah yang diusahakan mempunyai daya saing dan mampu berkembang dengan atau tanpa intervensi pemerintah karena efisien dalam memanfaatkan sumberdaya domestik.
Jika dilihat dari kebijakan pemerintah dari input dan output diketahui bahwa usahatani kacang tanah menikmati Output Transfer dan Input Trasfer lebih tinggi dari harga yang seharusnya. Artinya kebijakan pemerintah bersifat efektif melindungi produsen domestik.