ANALISA NUTRISI DAN SENYAWA BIOAKTIF PADI MERAH

0 comments
ANALISA NUTRISI DAN SENYAWA BIOAKTIF PADI MERAH
DETAIL

Penerbit : Graha ilmu
ISBN : 978-602-262-987-0
Penulis : Ida Bagus Made Artadana, M.Sc., Maria G.M. Purwanto, Steven Susanto
Tahun : 2019
Berat : -
Ukuran : 17×24cm
Halaman : 46 halaman
Harga : Rp71.800
Diskon : Rp64.620

ULASAN

Nasi menjadi makanan pokok bagi setengah dari populasi manusia di dunia, dan sebagian besar populasi tersebut merupakan penduduk Asia. Secara umum ada dua jenis beras berdasarkan warnanya, yaitu beras tidak berpigmen dan beras berpigmen. Beras berpigmen adalah biji padi yang memiliki akumulasi senyawa pigmen yang menyebabkan biji padi berwarna. Beras berpigmen memiliki kandungan senyawa fitokimia yang diyakini memiliki efek sebagai antioksidan, seperti antosianin dan proantosianidin yang merupakan golongan senyawa fenolik.
Setiap varietas beras merah memiliki karakteristik nutrisi yang berbeda satu dengan lainnya. Perbaikan karakter tertentu seperti peningkatan kandungan vitamin B dan antosianin, dapat meningkatkan mutu dan nilai ekonomis dari beras merah.
Informasi tentang kandungan nutrisional beras merah dan cara-cara analisanya diuraikan dalam buku ini, terutama mutu gizi, aktivitas antioksidan, dan kandungan senyawa bioaktif yang menjadi informasi yang penting dalam rangka penyebar-luasan benih padi.