Teori Relativitas dan Aplikasinya Pada Elektrodinamika Lubang Hitam dan Jagat Raya

0 comments
Teori Relativitas dan Aplikasinya Pada Elektrodinamika Lubang Hitam dan Jagat Raya
DETAIL

Penerbit : UGM PRESS
ISBN :978-979-420-851-9 
Penulis :Rinto Anugraha 
Tahun : -
Berat : -
Ukuran : -
Halaman : -
Harga : Rp 71.000,-
Diskon : Rp63.900

ULASAN

Membicarakan teori relativitas, pasti akan bertemu dengan seorang saintis yang sangat terkenal, Albert Einstein. Tak diragukan lagi, Einstein adalah salah satu fisikawan terbesar yang berhasil membangun satu dari dua teori besar dalam fisika tersebut. Teori relativitas, baik dalam versi khusus maupun umum, mampu menata dan meluruskan konsep dasar fisika tentang ruang-waktu, energi-momentum, serta interaksi gravitasi sebagai sebuah gaya dasar yang dominan di alam semesta ini. Buku ini, yang ditulis oleh seorang dosen Fisika UGM, mencoba memperkenalkan teori relativitas serta menjelaskan aplikasinya pada elektrodinamika, lubang hitam dan jagad raya.
Dimulai dari teori relativitas khusus yang merupakan perluasan dari mekanika Newton, konsep transformasi Lorentz antar kerangka acuan inersial dijelaskan secara detil dan diterapkan untuk menjelaskan konsep mendasar tentang besaran skalar, vektor dan tensor. Selanjutnya, disajikan aplikasi
teori relativitas khusus baik pada paradoks kembar, dinamika gaya relativistik, efek Compton maupun elektrodinamika.
Pembahasan teori relativitas umum di buku ini diawali dengan perumusan matematis tentang tensor. Dilanjutkan dengan konsep munculnya teori relativitas umum dan diteruskan dengan aplikasi tensor pada teori relativitas umum yang diwujudkan dalam persamaan gravitasi Einstein.
Persamaan ini kemudian diaplikasikan, baik pada benda yang unik seperti lubang hitam (black hole) maupun jagad raya. Ternyata muncul berbagai sifat dan kharakteristik yang menarik tentang lubang hitam maupun jagad raya. Misalnya, bagaimanakah nasib partikel yang berada di sekitar lubang hitam, berapakah umur jagad raya, bagaimanakah sejarah jagad raya di masa awal, termasuk kajian lanjut tentang inflasi jagad raya yang mengembang sangat luar biasa.
Dalam buku ini, latihan soal banyak diberikan di akhir bab, dalam rangka meningkatkan pemahaman konsep, melatih kemampuan analisis dan ketrampilan menyelesaikan matematika. Akhirnya, buku ini sangat tepat dimiliki oleh pembaca, baik dari kalangan sains maupun pembaca umum yang ingin mendalami konsep teori relativitas dan jagad raya.