DISAIN KAPASITAS STRUKTUR DAKTAIL TAHAN GEMPA KUAT

0 comments
DISAIN KAPASITAS STRUKTUR DAKTAIL TAHAN GEMPA KUAT
DETAIL


Penerbit : ITS PRESS
ISBN : -
Penulis : Prof.Ir.Rachmat Purwono,m.sc, IP-U HAKI ,Dr.tecn. oujo Aji, ST,MT
Tahun : -
Berat : 200gram
Ukuran : -
Halaman : -
Harga : Rp95,000
ULASAN



Prof. Ir. Priyo Suprobo, MS., Ph.D
(Guru Besar Jurusan Teknik Sipil, ITS)
Buku ini mengakomodir “Tata Cara Perencanaan Ketahanan Gempa untuk Struktur Bangunan Gedung dan Non-Gedung yang baru yaitu SNI 03-1726-2002 yang lama. Diberikan di sini pembahasan dan cara memenuhi 7 syarat “capacity design” agar bangunan mampu berdeformasi inelastic untuk disipasi energy gempa. Yang menarik dari buku ini adalah perhatian pada bangunan-bangunan yang termasuk kategori resiko bangunan IV (KRB IV) yaitu bangunan-bangunan Gedung Sekolah dan fasilitas pendidikan, Rumah sakit dan fasilitas kesehatan dan fasilitas-fasilitas penting lainnya yang bila ada gempa rencana tetap harus dapat berfungsi. Karena itu desainnya wajib dibuat sesuai aturan  Kategori Disain Seismik D (KDSD)
Disampul buku ini dihasilkan peta berwarna merah, yang menginformasikan daerah mana saja bangunan KRB IV yang berada diatas situs tanah SD dan SE wajib berlaku ketentuan desain ini. Buku ini dipandang sangat bermanfaat bagi praktisi dalam bidang industry konstruksi.
 Prof. Ir. Benjamin Lumantarna, M.Eng., Ph.D
(Guru Besar Jurusan  Teknik Sipil, Univ. Kristen Petra)
Dalam perencanaan terhadap gempa, pada umumnya struktur tidak direncanakan untuk menahan beban rencana secara elastic. Perencana diperbolehkan menggunakan faktor reduksi (R) sehingga karenanya dalam keadaan gempa besar struktur telah berada dalam keadaan plastis. Agar tidak runtuh, struktur harus mempunyai daktilitas yang cukup dan direncanakan mempunyai ragam keruntuhan yang aman, beam side sway mechanism (strong column weak beam). SRPMK menggunakan R yang sangat besar, karenanya kemampuan memencarkan energy dengan baik.

Buku ini menjadi sangat menarik, karena disajikan dengan  memberikan banyak pointer penting dibeberapa tempat, penulis juga memberikan interpretasi yang menarik mengenai SNI 1726-2012, tetapi tentu saja pembaca harus tetap bijaksana dalam menggunakan informasi yang diberikan dalam buku ini.