ANALISIS INVESTASI DAN APLIKASINYA

0 comments
ANALISIS INVESTASI DAN APLIKASINYA
DETAIL

Penerbit : penerbit salemba
ISBN : 978-979-061-788-9
Penulis : Abdul Halim
Tahun : 2018
Berat : -
Ukuran : 19 × 26
Halaman : 288 
Harga : Rp109.900.-
Diskon : Rp99.000

ULASAN

Investasi pada hakikatnya merupakan penempatan sejumlah dana pada saat ini dengan harapan dapat memperoleh keuntungan atau tingkat imbal hasil (rate of return) pada masa mendatang.
Agar harapan tersebut tercapai, sebelum memasuki dunia investasi diperlukan pengetahuan yang memadai dalam bidang investasi. Pengetahuan ini penting karena akan menjadi kompas yang sangat berharga sebelum dan saat memasuki dunia investasi yang penuh risiko dan ketidakpastian.
Modal dana dan pengetahuan belumlah cukup untuk membuat investasi bisa berhasil sesuai dengan yang diharapkan. Satu hal lain yang diperlukan adalah ketepatan dalam pemilihan berbagai investasi yang ada dengan menggunakan formula-formula yang konsisten dengan asumsi-asumsi yang digunakan.
Buku ini menjelaskan pengetahuan dasar bagi mereka yang ingin memasuki dunia investasi, baik investasi dalam sektor aset keuangan maupun dalam sektor aset riil. Konsep teori diuraikan secara ringkas. Selanjutnya, diaplikasikan untuk memudahkan dalam memahaminya sehingga buku ini dapat digunakan secara luas; baik oleh dosen, praktisi, mahasiswa maupun masyarakat umum.
Bagian satu buku ini menjelaskan tentang investasi dalam sektor aset keuangan yang meliputi:
“Pengetahuan Dasar Investasi di Pasar Modal”, “Penilaian Saham Biasa”, “Penilaian Obligasi”, “Imbal Hasil (Return) Atas Investasi dalam Sekuritas”, “Risiko Investasi dalam Sekuritas”, “Analisis Portofolio”, “Penilaian Kinerja Portofolio”, “Model Penentuan Harga Aset Modal”, “Model Indeks”, “Dividen, Right Issue, dan Harga Saham”, “Penentuan Harga Opsi”, “Imbal Hasil Abnormal dan Pasar Efisien”, dan “Kontrak Forward, Futures, Currency Call Option, dan Currency Put Option”.
Bagian dua buku ini menjelaskan tentang investasi di sektor aset riil, meliputi: “Nilai Waktu dari Uang”, “Konsep Dasar Investasi dalam Aset Riil”, “Metode Penilaian Investasi dalam Aset Riil”, “Risiko Investasi dalam Aset Riil”, “Investasi dalam Kondisi Inflasi dan Umur yang Berbeda”, “Pemenuhan Kebutuhan Dana untuk Membiayai Investasi”, “Keputusan Sewa Guna Usaha (Lease) versus Pinjaman (Loan)”.
Setelah mempelajari buku ini, diharapkan dapat memperoleh tambahan pengetahuan tentang cara terbaik berinvestasi, baik dalam sektor aset keuangan maupun dalam sektor aset riil.