AKUNTANSI PEMERINTAHAN DAERAH

0 comments
DETAIL


Penerbit : penerbit salemba
ISBN : 978-979-061-718-6
Penulis : Oman | Dyah | Yuliansyah | Maryani
Tahun : 2017
Berat : -
Ukuran :12 x 26 
Halaman : 524
Harga : Rp 77.900
Diskon : Rp70.500

ULASAN


Perkembangan akuntansi pemerintahan di Indonesia sangat dinamis. Salah satunya terkait kewajiban implementasi laporan keuangan berbasis akrual sejak diterbitkannya UU Nomor 17 Tahun 2003. Namun kenyataannya, tarik ulur implementasi basis akrual masih terus terjadi. Dalam PP Nomor 71 Tahun 2010 tentang Standar Akuntansi Pemerintahan disebutkan bahwa basis akrual berlaku efektif untuk laporan keuangan mulai tahun anggaran (TA) 2010. Namun apabila entitas pelaporan belum dapat menerapkan basis akrual, entitas tersebut dapat menerapkan basis kas menuju akrual sampai paling lama 4 tahun setelah TA 2010. Tahun 2015 menjadi tahun pertama diwajibkannya penerapan basis akrual di seluruh jajaran pemerintahan, baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah.

Buku Akuntansi Pemerintahan Daerah merupakan paket komplit yang dapat membantu pengajar, mahasiswa, maupun praktisi untuk memahami akuntansi pemerintahan secara mudah. Buku ini sendiri terdiri dari dua buku. Buku pertama akan membahas tentang berbagai konsep dasar Akuntansi Pemerintahan mulai dari Konsep Pengelolaan Keuangan Negara, Anggaran, dan Siklus Akuntansi Pemerintahan. Sementara buku kedua akan berisi sistem akuntansi beberapa jenis akun yang disesuaikan dengan Standar Akuntansi Pemerintahan, mulai dari Sistem Akuntansi Kas dan Setara Kas sampai Akuntansi Koreksi Kesalahan.

Mengapa buku ini harus dibaca? Buku ini berbeda dengan buku Akuntansi Pemerintahan yang sudah ada sebelumnya karena di buku ini penulis menciptakan persamaan dasar akuntansi pemerintahan yang sangat mudah untuk dipahami, sehingga pengajar, mahasiswa, maupun praktisi dapat dengan mudah memahami berbagai pencatatan transaksi akuntansi di entitas pemerintahan. Selain itu, pembahasan yang ada di setiap bab menyertakan ilustrasi transaksi termasuk format pencatatan yang sama dengan kondisi aktual yang dihadapi di entitas akuntansi pemerintahan, sehingga pemahaman yang diperoleh pembaca akan menjadi lebih komprehensif.

Berikut materi-materi yang disajikan dalam buku ini.
Bab 1 Pendahuluan
Bab 2 Keuangan Negara dan Akuntansi Pemerintahan
Bab 3 Prinsip-Prinsip Akuntansi Pemerintahan
Bab 4 Siklus Pengelolaan Keuangan Negara, Anggaran, dan Akuntansi
Bab 5 Persamaan Dasar Akuntansi Pemerintahan
Bab 6 Siklus Akuntansi dan Konsep Resiprokal
Bab 7 Akuntansi Kas dan Setara Kas
Bab 8 Sistem Akuntansi Piutang
Bab 9 Sistem Akuntansi Investasi
Bab 10 Sistem Akuntansi Persediaan