Teknologi Tenaga Surya

0 comments
Teknologi Tenaga Surya


DETAIL


Penerbit : UB

ISBN:978-602-203-719-4  -978-602-203-720-0
Penulis: Prof. Sudjito
Ukuran⁄Halaman:16 x 24 cm
Tahun Terbit: 2015
Berat:0.25 kg
Harga:Rp102.000 


ULASAN

Buku ini dimaksudkan sebagai buku referensi dalam bahasa Indonesia, yang dapat digunakan sebagai bahan ajar untuk mahasiswa program Strata 1 dan program pascasarjana. Selain kajian teoritis yang agak mendalam, buku ini juga berisi paparan praktis untuk aplikasi seperti dasar perencanaan berbagai jenis peralatan radiasi surya, konstruksi peralatan, dan keperluan teknis lain seperti perencanaan dimensi peralatan untuk aplikasi.
Bahasan diawali dengan pengertian energi dan pentingnya energi untuk membangun ekonomi dan kemakmuran. Untuk mengetahui potensi dari semua jenis energi, dipaparkan klasifikasi jenis energi yang ada di bumi, yang sebagian besar berasal dari energi surya. Kondisi cadangan, produksi dan konsumsi energi di dunia dan di Indonesia dipaparkan untuk mengetahui keseimbangan pemanfaatan sumber-sumber energi yang ada. Diperlukan pengembangan energi alternatif yang terbarukan dan ramah lingkungan seperti energi radiasi matahari, karena pemanfaatan sumber energi fosil yang sudah berkurang mendominasi pemanfaatan sumber energi.
Bahasan teknologi diawali dengan analisis karakteristik dan potensi energi radiasi surya, prosedur disain peralatan radiasi surya dan pentingnya tersedia data hasil pengukuran intensitas radiasi di lokasi pemanfaatannya. Aplikasi peralatan radiasi surya di Indonesia diidentifikasikan berdasarkan kesesuaian dengan karakteristik radiasi surya di Indonesia. Selanjutnya dibahas teknologi kolektor penyerap panas radiasi surya, yang meliputi teknologi dan rekayasa kolektor panas termasuk kaca penutupnya, dan analisis berbagai jenis kolektor, yaitu kolektor pelat datar, kolektor pipa vakum, kolektor parabola ganda, parabola memanjang, dan parabola cawan. Pembahasan teknologi peralatan tenaga surya yang sesuai untuk Indonesia, yaitu pemanas air rumah tangga, kompor masak, pengering hasil panen, dan distilasi air laut disajikan yang meliputi sistem dan cara kerja peralatan, konstruksi, kinerja, prosedur disain peralatan.