HIMPUNAN DAN LOGIKA KABUR Serta Aplikasinya

0 comments
DETAIL


Penerbit : Graha Ilmu
ISBN : -
Penulis :  Frans Susilo
Tahun : -
Berat : -
Ukuran : -
Halaman : -
Harga : Rp  134.000,- 
Diskon : Rp 120.600

ULASAN


Matematika klasik dibangun berlandaskan logika dwinilai yang hanya mengenal nilai benar atau nilai salah saja. Tetapi dalam ke­nya­taannya terdapat banyak hal dalam kehidupan kita dan dunia nyata yang tidak dapat dinilai hanya dengan “benar” atau “salah” saja. Misalnya, kepandaian seseorang, keindahan suatu lukisan, atau kecepatan sebuah kendaraan. Konsep-konsep terse­but secara linguistik-se­man­tik bernuansa kabur dan oleh karenanya berada di luar jangkauan matematika dwinilai yang tidak memiliki perangkat untuk menyusun model bagi konsep semacam itu. Sudah sejak lama orang berusaha mencari terobosan guna menemukan cara untuk mengatasi masalah keterbatasan tersebut. Usaha itu baru menghasilkan buah pada tahun 1965 tatkala Lotfi A. Zadeh memperkenalkan konsep baru yang kontro­versial mengenai himpunan kabur (fuzzy set), yang dipergunakannya untuk merepresentasikan konsep-konsep yang bersifat kabur. Atas dasar teori himpunan kabur itu, Zadeh kemudian membangun logika kabur (fuzzy logic) yang mendasari pe­nalaran hampiran yang melibatkan kon­sep-kon­sep kabur.
Teori himpunan & logika kabur ternyata berkembang de­ngan amat pesat, tidak hanya dalam tatar­an teorinya saja, tetapi terutama dalam aplikasinya di banyak bidang. Teori baru itu tidak hanya diaplika­sikan dalam bidang matematika saja (misalnya arit­metika kabur, aljabar kabur, analisis kabur, topologi kabur, sta­tistika kabur, dsb), tetapi juga dalam bidang-bidang lain di luar matematika (misalnya ilmu komputer, teknik, ekonomi, kedokteran, psikologi, transportasi, dsb). Dewasa ini aplikasi tersebut telah merambah luas ke dunia industri yang memproduksi barang-barang konsumen berbasis logika kabur, seperti mesin cuci, lemari es, televisi, kamera, mesin pendingin udara, mobil, kereta api, dsb. Buku ini dapat dipergunakan baik oleh akademisi maupun oleh peneliti yang ingin memperdalam teori dengan paradigma baru ini atau mengaplikasikannya dalam bidang minatnya.

Pembahasan dalam buku ini meiputi: Logika dan Himpunan Tegas, Himpunan Kabur, Relasi Kabur, Bilangan Kabur, Logika Kabur, Sistem Kendali berbasis Logika Kabur, Aplikaksi-aplikasi lainnya dalam berbagai bidang.