FIBER OPTIC

0 comments
FIBER OPTIC



DETAIL

Penerbit : INFORMATIKA
ISBN : 602-1514-84-9
Penulis : GUNADI DWI HANTORO dkk
Tahun : 2015
Berat : -
Ukuran : 16x24cm
Halaman : 168 halaman 
Harga : Rp 50.000,-

ULASAN:

Saat ini jaringan seluler (seperti GSM) sudah mengalami overloaded seiring dengan cepatnya pertumbuhan smartphone. Karena dengan pertumbuhan di mobile phone yang notabene merupakan device yang hungry bandwidth atau yang membutuhkan kecepatan data yang tinggi. Kita bisa melihat di menu yang ada di smartphone yang begitu beragam jenis aplikasi yang telah ditanam di dalamnya. Selain itu, air interface yang sudah disiapkan oleh pabrikan dengan teknologi mutakhir (WiFi 11n dan LTE) yang mau tidak mau harus segera disambut oleh operator seluler bila tidak ingin ditinggalkan pelanggan.
Selain apa yang terjadi di bisnis seluler, hal di atas juga terjadi di segmen pasar yang bersifat fixed (perumahan, building, kampus, HRB dan Small and Medium Enterprise/SME). Sebagai contoh di sebuah rumah sekarang sudah memiliki berbagai device seperti TV, WiFi serta layanan data dan internet (triple play) yang kesemuanya kalau diagregatkan membutuhkan bandwidth yang besar.
Untuk mendukung kedua isu di atas, maka FTTx (Fiber to the x) yang bisa dipakai untuk berbagai solusi baik itu Fiber to the Home (FTTH), Fiber to the Building (FTTB), Fiber to the Tower (FTTT) dan Fiber to the Area (FTTA) menjadi sangat mutlak. FTTH menjadi suatu keharusan.
Buku FIBER OPTIC : Teknologi Material, Instalasi dan Implementasi Fiber untuk Berbagai Kebutuhan ini akan menjelaskan mulai dari latar belakang, teknologi, konfigurasi, list of material dan pengenalan sedikit mengenai design FTTH. Semoga buku ini dapat bermanfaat dan menjadi salah satu acuan baik bagi profesional, dosen, mahasiswa, teknisi maupun managemen perusahaan yang tertarik untuk berbisnis dan mempelajari FTTH.