Dasar Kelayakan Proyek Arsitektur dan Ekonomi Bangunan

0 comments
Dasar Kelayakan Proyek Arsitektur dan Ekonomi Bangunan



DETAIL



Penerbit : UB PRESS
ISBN:  978-602-432-735-4 / 978-602-432-736-1(e)
Penulis: Beta Suryokusumo Sudarmo, dkk
Ukuran⁄Halaman:23.5 x 15.5 cm
Edisi⁄Cetakan: -
Tahun Terbit: 2018
Berat:0.25 kg
Harga:Rp70.000

ULASAN

Sebelum menjalankan sebuah bisnis atau investasi proyek bangunan khususnya bangunan komersial, selayaknya melalui sebuah studi terlebih dahulu untuk menilai kelayakannya. Kegiatan studi ini diperlukan untuk meminimalisasi resiko kegagalan atau kerugian, mengingat masa depan adalah ketidakpastian. Sama halnya dengan merencanakan sebuah proyek atau membangun sebuah bangunan yang diinvestasikan dalam jangka waktu yang panjang, tentu diperlukan adanya sebuah analisis ekonomi teknik (bangunan) sebelum proyek tersebut dilaksanakan.
Dalam ilmu arsitektur, analisis tersebut dikenal dengan istilah tekno ekonomi bangunan. Analisis ini dilakukan untuk mengetahui gambaran nilai investasi dari bangunan atau proyek tersebut. Tujuannya adalah untuk mengetahui aspek kelayakan atau keuntungan yang akan didapatkan dari pelaksanaa proyek. Dengan demikian, resiko kerugian dari investasi proyek bisa diminimalisasi.
Bahasan dalam buku ini berfokus pada materi yang berisi dasar kelayakan bisnis (proyek), cara mengukur kelayakan suatu proyek (investasi) dan metode analisis investasi proyek konstruksi bangunan khususnya bngunan komersial, disertai contoh serta langkah pembahasannya yang dapat dipelajari.