ANALISIS MENGENAI DAMPAK LINGKUNGAN

0 comments
ANALISIS MENGENAI DAMPAK LINGKUNGAN
DETAIL

Penerbit : UGM PRESS
ISBN :979-420-552-4
Penulis :  F. Gunarwan Suratmo
Tahun :-
Berat : 
Ukuran :14,5 cm x 21 cm 
Halaman :  343 halaman
Harga : Rp 82.000,- 
Diskon : Rp 74,000

ULASAN

Indonesia kini adalah Indonesia yang sangat tidak ramah lingkungan. Di setiap kota besar, sudah menjulur berbagai pita aspal dan beton menggantikan kawasan yang hijau subur. Udara sudah tidak segar lagi, sehingga masyarakat merasa sumpek berkegiatan di alam terbuka. Ruang bermain sudah sangat sempit. Polusi suara pada jam-jam sibuk juga sudah memekakkan telinga. Sementara itu, berbagai gunung dan bukit yang dipakai untuk eksplorasi tambang juga menghasilkan tailing yang tak kalah jahatnya terhadap alam dan manusia. Semua ini terjadi konon demi memenuhi kebutuhan dan keinginan masyarakat yang mengalami perubahan yang spektakuler.
Tetapi, perlukah Indonesia mengorbankan kelestarian fungsi alam dan kehidupan yang nyaman bagi semua makhluk untuk mengejar semua kebutuhan dan keinginan manusia? Akal sehat akan mengatakan tidak. Lalu muncul kesepakatan bersama untuk memberlakukan analisis mengenai dampak lingkungan (Andal) sebagai usaha pelestarian fungsi lingkungan hidup. Saying sekali tidak banyak pihak yang mengetahui seluk beluk Andal. Tidak heran bila sebagian besar proponen proyek menganggap Andal hanya sebuah persyaratan formalitas untuk membangun sebuah kawasan atau mengelola lingkungan hidup.
Memang, sungguh dilemma bagi para proponen pengelola lingkungan hidup. Di satu sisi mereka harus mengembangkan kawasan untuk mengakomodasi kebutuhan dan keinginan masyarakat, tapi di sisi lain mereka harus tetap melestarikan fungsi lingkungan hidup. Dilemma ini akan segera terselesaikan bila mereka membaca buku ini, mengingat buku ini berbicara banyak tentang Andal, mulai dari kegunaan Andal, pemilihan alternative, rencana pengelolaan lingkungan, analisis risiko lingkungan hingga baku mutu. Lebih dari itu, cara penyajian yang dipilih penulisnya sangat renyah, sehingga buku ini mudah dipahami. Barangkali tidak terlalu berlebih-lebihan bila buku ini kemudian perlu dibaca oleh mahasiswa, pengamat, peneliti, praktisi, dan konsultan yang punya perhatian besar terhadap pelestarian fungsin lingkungan hidup.