PEDOMAN PENULISAN RESEP

0 comments
PEDOMAN PENULISAN RESEP


DETAIL

Penerbit : ITB PRESS
ISBN : 979-8591-76-3
Penulis : WHO
Tahun : 1998
Berat : 196 g
Ukuran : 21 x 14.8 cm
Halaman : -
Harga : Rp 30.000,-

ULASAN

Umumnya ketika mulai masuk klinik, mahasiswa kedokteran merasa tidak tahu bagaimana menuliskan resep untuk pasiennya atau informasi apa yang harus diberikan. Hal ini biasanya terjadi karena pelajaran farmakologi yang diterimanya lebih menekankan pada teori ketimbang praktiknya. Bahkan, kebiasaan buruk dalam menulis resep dapat menyebabkan pengobatan yang tidak efektif dan tidak aman, kambuhnya penyakit dan masa sakit memanjang, membahayakan dan menimbulkan kekhawatiran pasien, serta menyebabkan membengkaknya biaya. Tentu, ini merupakan masalah yang cukup pelik dihadapi para calon dokter dalam mengawali kariernya.
Melalui pengalaman selama sepuluh tahun mengajar farmakoterapi pada Fakultas Kedokteran, Universitas Groningen (Belanda), buku Pedoman Penulisan Resep ini pun dapat terbit setelah melalui proses penelaahan oleh badan pakar pengajaran farmakoterapi internasional yang kemudian diujicobakan di fakultas kedokteran berbagai universitas di Australia, India, Indonesia, Nepal, Belanda, Nigeria, dan Amerika. Di dalamnya, terdapat panduan tahap demi tahap menuju peresepan yang rasional disertai banyak contoh.
Buku ini sangat penting dijadikan pedoman utama bagi Anda, mahasiswa kedokteran, yang akan memasuki tahap pendidikan klinik. Dengan buku ini, Anda akan mengerti alasan dibuatnya pedoman pengobatan baku di beberapa negara/departemen sehingga Anda dapat memanfaatkan pedoman itu dengan sebaik-baiknya.