MEMBANGUN APLIKASI MOBILE DENGAN PROGRESSIVE WEB APP

0 comments
MEMBANGUN APLIKASI MOBILE DENGAN PWA (PROGRESSIVE WEB APP)


DETAIL

Penerbit : Lokomedia
ISBN : 9786026231208
Penulis : Hendra Santoso
Tahun : 2019/03
Berat : 332 g
Ukuran :  14 x 21 cm
Halaman : 267
Harga : Rp 88.000,-
Diskon : Rp 80.000,-

ULASAN


Pernahkah Anda melihat icon suatu website / aplikasi web di browser atau smartphone seperti pada gambar di cover buku? Itu adalah salah satu fitur unggulan PWA (Progressive Web App), yaitu Add to Home Screen (A2HS), dimana website Anda dapat ditambahkan dalam bentuk icon di halaman depan browser / smartphone user. Beberapa website lokal sudah banyak yang menerapkan PWA, seperti Kompas, Jalan Tikus, Kumparan, Babe, dan masih banyak lagi.
PWA pertama kali diperkenalkan oleh Google tahun 2015 sebagai sebuah teknologi web modern untuk membuat website yang dapat berlaku seperti sebuah mobile application. Dengan konsep realibility, speed, dan user engagement, Google berusaha memastikan bahwa PWA dapat memberikan user pengalaman seperti aplikasi native yang cepat dan handal.
Dalam buku ini dibahas mulai dari Pengenalan dan Dasar-Dasar PWA, Fitur-FItur PWA seperti: Web App Manifest, Service Workers, A2HS, Push Notification, Camera, Speech Recognition, Storage, Payment, Background Sync, Touch Gesture, Geolocation, Single Page Application, dll.
Untuk memperdalam materi, disajikan 4 studi kasus pembuatan PWA, yaitu Aplikasi PWA 'Baca Berita', PWA 'QR Code Scanner & Generator, PWA Blog Wordpress, dan Modifikasi Website Menjadi PWA.