PEMILIHAN PROPORSI CAMPURAN BETON

0 comments
PEMILIHAN PROPORSI CAMPURAN BETON


DETAIL


Penerbit : ITS PRESS
ISBN : -
Penulis : Pujo Aji, Ir., MT. Dr. techn ; Rachmat Purwono, Ir. MSc. 
Tahun : -
Berat :  200 g
Ukuran : -
Halaman : -
Harga : Rp 86.000,-
Diskon : Rp 80.000,-

ULASAN


Prof. Ir. Benjamin Lumantarna, M.Eng., Ph.D
(Guru Besar Jurusan  Teknik Sipil, Univ. Kristen Petra)

Buku “Pemilihan Proporsi Campuran Beton (Concrete Mix Design) sesuai ACI, SNI dan ASTM” merupakan pelengkap buku Dr. Pujo Aji dan Prof Rachmat Purwono sebelumnya, “Pengendalian Mutu Beton sesuai SNI, ACI dan ASTM”. Karena pada saat ini praktek pembuatan dan perencanaan mutu beton diserahkan sepenuhnya kepada produsen beton (ready mix), sebagaian praktisi tidak lagi mengerti bagaimana merencanakan mutu beton, termasuk penggunaan bahan tambahan kimia (admixtures and additives) yang tepat. Ketidak mengertian ini kadang-kadang juga menyebabkan prktek pengecoran yang menyimpang, yang pada gilirannya dapat mengakibatkan mutu beton yang jauh lebih rendah dari yang direncanakan.

Buku ini dapat menjadi referensi bagi praktisi terutama karena juga menjelaskan pemakaian bahan tambahan kimia. Tentu saja buku ini juga dapat menjadi buku ajar bagi mahasiswa teknik sipil dalam  mata kuliah teknologi beton.


Prof. Ir. Priyo Suprobo, MS., Ph.D
(Guru Besar Jurusan Teknik Sipil, ITS)

Mix disain merupakan hal yang sangat menarik karena ilmu ini bukan didapat dari murni ilmiah namun diambil dari banyak hasil data pengalaman dalam mengolah dan menganalisa proporsi komponen pembentuk beton untuk mewujudkan beton yang kuat, ekonomis dan beton segar yang sesuai spesifikasi kebutuhan proyek

Buku mix disain ini tidak hanya menguraikan metoda pemilihan proporsi campuran beton untuk beton mutu biasa namun juga membahas mengenai beton mutu tinggi disertai contoh-contohdengan penjelasan secara lengkap dan rinci.

Melalui buku ini praktisi dilapangan, siswa kejuruan, mahasiswa dan siapapun yang ingin mempelajari dan mempraktekkan mix disai beton akan sangat terbantukan.